Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri Simbolis Rasa Bersyukur Terhadap Tuhan YME

Salah Satu Ritual Upacara Bekti Pertiwi

Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri merupakan wujud terima kasih kepada Tuhan YME atas anugerah dan rejeki yang berlimpah dan atas keselamatan lahir-batin. Dalam implementasi rasa bersyukur setiap manusia memiliki cara tersendiri menurut keyakinan spritual masing - masing tetapi semua mengarah kepada rasa bersyukur Tuhan YME. Masyarakat Yogyakarta khususnya daerah pesisir pantai selatan selalu melakukan upacara Jaladri dan semangat untuk melakukan upacara ini berasal dari masyarakat setempat tanpa adanya pengaruh dari pihak manapun. Keikhlasan dan rasa terimakasih terhadap Tuhan YME sangat ditonjolkan melalui rangkaian acara seperti penggunaan kostum adat lalu tari tarian sebagai simbolis sumber pangan masyarakat.

Perlu digaris bawahi bahwa kebudayaan tersebut sangatlah penting dalam kehidupan, ditujukan untuk meningkatkan rasa spiritual dalam mengolah batin menikmati dan mensyukuri limpahan rahmat dan karunia terhadap Sang Pencipta. Sehingga manusia tersebut tidak lupa dan sealu merasa bersyukur terhadap apa apa yang telah diberikan oleh Tuhan YME. Dalam pengemasan upacara tersebut memiliki karakteristik tersendiri pada setiap daerah yang melakukannya. Akan tetapi masyarakat Bantul dan pesisir pantai lainnya melakukan persembahan dengan menenggelamkan simbolis simbolis sumber pangan masyarakat ke lautan.
Persiapan Acara dirumah Pak RT

Pakaian Pengiring Acara


Acara ini diikuti oleh seluruh umur

Setiap RT menampilkan kostum yang berbeda
Perwakilan dari luar daerah
Persiapan perjalanan menuju pesisir pantai

Suasana dalam perjalanan menuju Pendopo Parantritis

Acara ini diikuti seluruh warga, melalu perwakilan RT masing masing

Persembahan untuk acara inti

Penari melakukan tarian padi




Sebagai Dewi Sri

Siang terik matahari tidak menurunkan semangat masyarakat

Perjalanan upacara menuju pantai
Upacara adat di kraton yogya parangtritis

Demikianlah sekilas mengenai Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri di Parantritis - Yogyakarta dan semoga kita selalu merasa bersyukur atas nikmat dan rahmat Tuhan yang telah diberikan (Amin) .
Jika Anda ingin mengikuti Upacara Bekti Pertiwi dan Pisungsung Jaladri, berkunjunglah ke pantai parangtritis pada bulan mei.

No comments:

Post a Comment