Indonesia Menyimpan Energi Masa Depan

Uranium
Indonesia memiliki potensi uranium sebesar 7000 Ton dan tersebar di seluruh negeri ini, Kita telah mengetahui bahwa uranium merupakan bahan bakar dasar nuklir dan dapat digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga nuklir atau pun senjata militer. 
Uranium merupakan unsur radioaktif. Berikut ini adalah pengertian uranium dan cara kerjanya menurut Organisasi Nuklir Dunia atau World Nuclear Assosiation yang dapat dilihat di www.world-nuclear.org :
  • Uranium adalah logam yang sangat berat yang dapat digunakan sebagai sumber berlimpah energi terkonsentrasi.
  • Uranium terjadi pada sebagian besar batu di konsentrasi 2 sampai 4 bagian per juta dan adalah sebagai umum dalam kerak bumi sebagai timah, tungsten dan molybdenum. Uranium terjadi dalam air laut, dan dapat pulih dari lautan.
  • Uranium ditemukan pada tahun 1789 oleh Martin Klaproth, seorang kimiawan Jerman, dalam mineral yang disebut bijih-bijih uranium. Hal ini dinamakan planet Uranus, yang telah ditemukan delapan tahun sebelumnya.
  • Uranium rupanya dibentuk pada supernova sekitar 6,6 miliar tahun yang lalu. Meskipun tidak umum di tata surya, hari ini peluruhan radioaktif yang lambat menyediakan sumber utama panas di dalam bumi, menyebabkan konveksi dan pergeseran benua.
  • Kepadatan tinggi uranium berarti bahwa ia juga menemukan menggunakan dalam keels dari yacht dan sebagai counterweight untuk kontrol permukaan pesawat, serta untuk perisai radiasi.
  • Uranium memiliki titik lebur adalah 1.132 ° C. Simbol kimia untuk uranium adalah U.
Manfaat Nulkir,
Sebagai Sumber Listrik yang Hemat Lebih dari 14% dari listrik dunia dihasilkan dari uranium dalam reaktor nuklir. Jumlah ini lebih dari 2500 miliar kWh setiap tahun, seperti halnya dari semua sumber listrik di seluruh dunia pada tahun 1960. Ini berasal dari beberapa 440 reaktor nuklir dengan kapasitas produksi total sekitar 377 000 megawatt (MWe) yang beroperasi di 30 negara. Lebih dari 60 reaktor lagi sedang dibangun dan lain 150 yang direncanakan. 
Europe Nuclear Power Plant
Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Finlandia, Perancis, Hungaria, Jepang, Korea Selatan, Slovakia, Slovenia, Swedia, Swiss dan Ukraina semua mendapatkan 30% atau lebih dari listrik dari reaktor nuklir. Amerika Serikat memiliki lebih dari 100 operasi reaktor, memasok 20% dari listrik. Perancis mendapat tiga perempat dari listrik dari uranium. 

Bom Atom Pertama
Kedua uranium dan plutonium yang digunakan untuk membuat bom sebelum mereka menjadi penting untuk membuat listrik dan radioisotop. Jenis uranium dan plutonium untuk bom berbeda dari yang di pembangkit listrik tenaga nuklir. Bom-grade uranium sangat diperkaya (> 90% U-235, bukannya sampai dengan 5%), bom-plutonium yang cukup murni Pu-239 (> 90%, bukan 60% dalam reaktor-grade) dan dibuat dalam reaktor khusus.

Dari pembahasan diatas merupakan beberap manfaat nuklir untuk kehidupan manusia, akan tetapi kita perlu memandang positif energi nuklir agar dapat dipergunakan sebaik - baiknya untuk kepentingan orang banyak.

Sangat poisitif jika Uranium tersebut dipergunakan sebagai sumber listrik yang sangat hemat, dari perhitungan perbandingan sebagai berikut ;

Untuk menciptakan energi listrik sebesar 50,000 Kwh, dibutuhkan 15,000 Kg batu bara, lalu dibutuhkan 10,000 kg Oil, dan hanya butuh 1kg yang dbutuhkan uranium. Disini memberikan gambaran perbandingan uranium dengan minyak bumi adalah 1 : 10,000 atau kata lain hanya 1 kg uranium yang dibutuhkan untuk menghasilkan energi listrik sebesar 50,000 Kwh. 

No comments:

Post a Comment